Melalui Kampanye #KejuAsliCheck, Kraft Cheddar Mendukung Sajian Sehat Keluarga

 


Bagi seorang ibu, seperti saya, menyediakan camilan di rumah menjadi bagian dari tugas domestik yang tak kalah penting. Di saat anak-anak membutuhkan kudapan di sela waktu makan mereka, Moms harus selalu siap mengupayakan sajian sehat bagi buah hati. Meskipun kini, untuk menyediakan camilan, Moms tidak harus memasak sendiri, bisa dengan membeli di toko terdekat atau melalui warung online, tetapi memperhatikan kualitas makanan tetap perlu dilakukan.

Soal camilan, biasanya anak-anak akan lebih tertarik pada kue atau roti yang diberi berbagai macam taburan di atasnya. Salah satu jenis topping ini adalah keju.

 Manfaat Keju bagi Kesehatan

Sebenarnya apa saja sih kandungan gizi pada keju?

Dilansir dari alodokter.com, keju mengandung karbohidrat, lemak, protein, kalsium, magnesium, zinc, fosfor, vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12.

Banyak juga ya nutrisinya, Moms. 

Dengan kandungan nutrisi yang beragam tersebut, tentu keju juga bisa dijadikan pilihan sebagai salah satu sumber makanan sehat selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Sebagai salah satu produk dari olahan susu, kandungan vitamin D, protein, dan kalsium di dalam keju bermanfaat untuk kekuatan dan kesehatan tulang, otot, dan gigi. Manfaat ini sangat dibutuhkan bagi anak-anak di masa pertumbuhan mereka. Selain itu, kandungan magnesium dan zinc di dalam keju juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.



Keju Cheddar, Taburan untuk Berbagai Camilan

Salah satu jenis keju yang digemari dan mudah didapat di Indonesia adalah keju cheddar.

Menurut Wikipedia, keju yang berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris, ini merupakan keju dengan tekstur relatif keras, berwarna kuning pucat hingga putih gading, dan kadang-kadang memiliki rasa yang kuat. Keju cheddar telah diproduksi sekitar tahun 1170. Kini, keju cheddar telah dibuat tiruannya secara luas, baik di Inggris, maupun di negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Teksturnya yang keras bisa dikonsumsi dengan cara diparut, lalu ditaburkan di berbagai jenis kudapan, seperti kue, donat, salad, atau puding. Beberapa jenis minuman kekinian, seperti cappuccino cincau, smoothie, dan Thai tea pun akan terasa lebih enak jika ditaburi keju.

 


Cara Memilih Keju Cheddar yang Tepat

Nah, bagaimana cara memilih keju cheddar yang tepat? Moms bisa cek dua cara mudah berikut ini.

1.       Pastikan keju pada urutan bahan baku pertama, bukan air atau tepung.

Di negara asalnya, keju cheddar terbuat dari susu sapi, susu kambing, atau susu domba. Namun, di pasaran, keju jenis ini tidak dibuat dari bahan alami seluruhnya. Sebagian dibuat dengan menggunakan keju asli dengan ditambahkan bahan-bahan lain, seperti padatan kasein susu, pengemulsi, pengatur keasaman atau bahan pengawet. Keju jenis ini dikenal dengan sebutan keju olahan.

Pembuatan keju olahan banyak menggunakan berbagai bahan campuran yang bertujuan untuk menurunkan harga dan memperbaiki tekstur keju. Salah satu contoh bahan campuran tersebut adalah tepung. Tepung ini mengandung protein utama, yang disebut gluten. Pada pembuatan adonan keju yang mengalami pemanasan, gluten memiliki kemampuan sebagai bahan yang bersifat lengket sehingga dapat menyatukan bahan-bahan yang lain (Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak, Agustus 2009).

Semakin banyak penambahan tepung akan menyebabkan kadar protein keju olahan semakin menurun. Kandungan karbohidrat di dalam pati atau tepung inilah yang mengakibatkan menurunnya kadar protein keju.

Nah, Moms harus memastikan bahwa bahan baku keju ada pada urutan pertama di label kemasan #KejuAsliCheck.

2. Memiliki klaim nutrisi pada kemasan

Secara umum, di dalam kemasan keju cheddar Kraft akan tertulis label sebagai berikut:


Jadi, Moms bisa membaca terlebih dahulu label pada kemasan keju cheddar sebelum membeli untuk lebih mengetahui kandungan manfaatnya.

Melalui kampanye #KejuAsliCheck ini, kita bisa menentukan keju cheddar yang cocok untuk keluarga. Keju cheddar Kraft terbuat dari keju asli New Zealand pada urutan bahan baku pertama dan calci-milk yang mengandung manfaat baik dari susu, tinggi kalsium sumber vitamin D, dan protein.

Ingat ya, Moms, dengan memilih keju cheddar berkomposisi tepat dan berkualitas berarti kita sudah berinvestasi bagi kesehatan keluarga melalui penyajian makanan dan camilan yang sehat. 

Posting Komentar

0 Komentar