Elang Nuswantara Luncurkan 3 Buku Prosa Filmis Budaya Nusantara

 

Peluncuran 3 Buku Karya Elang Nuswantara

Tiga buku prosa budaya filmis, berkonsep writerpreneur, karya Komunitas Elang Nuswantara, berhasil diluncurkan di Perpustakaan Nasional RI, pada tanggal 21 Agustus 2022 lalu.

Beragam sambutan dan testimoni penuh semangat dari pihak pemerintah maupun para pegiat budaya menyambut baik peluncuran buku tersebut. Acara ini juga bertabur doorprize dan ikut dimeriahkan oleh bazar UMKM.

Beberapa narasumber yang turut hadir mengisi acara antara lain Yuli Maryani (Perpustakaan Nasional RI), Erwita Dianti (Kemenparekraf/Baparekraf), Dewi Yulianti (Kemendikbudristek), Rafita Meri (Balai Pustaka), Tukul Rameyo Adi (Yayasan Baruna Nusantara), dan Hedy Rahadian (Pencinta budaya dan sejarah).

Acara ini juga dihadiri oleh sebagian anggota Komunitas Elang Nuswantara yang banyak berasal dari luar kota Jakarta serta komunitas dan pegiat literasi maupun budaya.


Profil Elang Nuswantara

Elang Nuswantara adalah sebuah komunitas penulis sekaligus pencinta budaya dan alam Indonesia yang beranggotakan para pejuang literasi nusantara dari Indonesia timur sampai barat. Para anggotanya memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari Gen Z, Gen Milenial hingga Gen X.

Satu hal yang menyatukan para Elang Nuswantara ini, yaitu semangat untuk nguri-nguri budaya dan mencintai nusantara, serta menyampaikan pesan-pesan leluhur dengan cara kekinian.

Komunitas yang memiliki semboyan “Menerbangkan karya, membuanakan jiwa dengan berkekasih semesta tanpa ketaksaan” ini lahir pada tanggal 14 Maret 2022 dengan digawangi Kirana Kejora, seorang writerpreneur, best selling author, dan produser film, sebagai pengampu kelas menulis. Nama masing-masing pasukan, baik Elang Merah, Elang Putih, maupun Elang Biru, menurut Kirana, dipilih sesuai atmosfer kelas dan kelahirannya.

Elang "Merah" Nuswantara

Bekerja sama dengan Miya'z Script Agency dan Dandelion Publisher, komunitas ini berhasil melahirkan buku “Sang Mistikus Kasih” karya Pasukan Elang Merah.

Selain itu, sebagai hasil kerja sama dengan Karya Murni Publisher, komunitas ini juga melahirkan buku “Pesan yang Belum Sampai” karya Pasukan Elang Putih, sedangkan bersama komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN), Elang Nuswantara meluncurkan buku “Beri Aku Cerita yang Tak Biasa” karya Pasukan Elang Biru.

Ketiga buku yang diluncurkan tersebut memiliki kalimat pamungkas yang sangat berarti sebagai rangkuman dari keseluruhan cerita pendek di dalamnya.

3 Buku Karya Elang Nuswantara

“Sang Mistikus Kasih” karya 47 Elang Merah menuangkan kalimat sakti “Semesta tak pernah meminta. Dia akan senantiasa menjaga jika kamu mengasihi dengan hati nurani.” Pada buku “Pesan yang Belum Sampai” karya 18 Elang Putih disematkan kalimat pemikat “Semesta mempunyai cara membalas kasih sayang kita kepadanya” sedangkan buku “Beri Aku Cerita yang Tak Biasa” karya 28 Elang Biru hadir dengan kalimat elok “Cinta bukan hanya sekadar. Namun, harus berujar dan berpijar.”


Penulis Termuda di Komunitas Elang Nuswantara

Selain sukses meluncurkan tiga buku, ada hal unik sekaligus membanggakan terkait penulis paling muda di Komunitas Elang Nuswantara yang ternyata masih duduk di bangku SMP. Para penulis muda berbakat ini ada yang berasal dari Jawa maupun luar Jawa (Nusa Tenggara Timur).

Dukungan pihak sekolah dan dinas terkait sangat nyata terlihat di acara peluncuran buku yang penuh kegembiraan tersebut. Tirto Adi (Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo), bersama Netti Lastiningsih (Kabid Mutu Pendidikan) serta Suharsono (Kepala Sekolah SMPN 6 Sidoarjo) begitu antusias terbang dari Jawa Timur untuk menghadiri acara. Mereka turut mendampingi 6 siswa dari SMPN 6 dari Kota Petis itu yang ikut menulis dalam buku “Pesan yang Belum Sampai”. Enam siswa tersebut juga turut menampilkan pertunjukan tari asli Sidoarjo, “Banjar Kemuning”.


Kemeriahan Acara Peluncuran Buku Elang Nuswantara

Acara dimulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB dengan sambutan luar biasa dari para tamu maupun pengunjung yang meramaikan bazar buku dan produk UMKM.

Acara ini didukung penuh oleh Direktorat Pelindungan Kebudayaan, Ditjen Kebudayaan, juga Fibi Jewelry, Miya'z, Makeupuccino, Stunniverse, Benik (Benang Kain Klub), Gendis Cake, Pocari Sweat, SNRockerZ, dan Gramedia.

Selain sambutan dari para tamu dan kehadiran bazar, peluncuran buku Elang Nuswantara juga dimeriahkan dengan pementasan berupa pembacaan puisi, tari, monolog, teater dan live painting oleh Pasukan Elang Nuswantara.

Elang "Putih" Nuswantara

Lagu "Kesaksian" karya Hedy Rahadian sebagai penguat jalan mencintai budaya nusantara dilantunkan Trio Elang Nuswantara. Para penulis ini tampil sebagai pengisi acara, panitia, merangkap Event Organizer. Selama ini, koordinasi yang dilakukan para anggota Elang Nuswantara untuk mempersiapkan acara peluncuran tersebut hanya melalui dunia maya dan baru bertemu H-1 sebelum acara. Hal ini tentu membutuhkan energi yang tidak sedikit.


Penutup

Sebagai pengampu, Kirana berharap tiga buku karya Elang Nuswantara bisa menjadi warna baru di dunia literasi tanah air terutama untuk menambah cahaya literasi budaya yang mulai redup karena beragam pengaruh budaya luar NKRI. Semoga ini menjadi awal “penerbangan” Elang Nuswantara yang baik dan bisa menjadi inspirasi bagi para penulis pejuang.

Kelak dari Elang Nuswantara akan lahir penulis-penulis pencinta kearifan lokal nusantara untuk bisa melahirkan buku solo, baik fiksi maupun non fiksi dengan kemasan yang bernas, kekinian, dan bermanfaat. Bagi Kirana, urip urup, istilah Jawa yang kira-kira bermakna hidup dan menyala, menjadi pedoman penting seorang pelaku literasi budaya.

Pasukan Elang "Biru" Nuswantara

Siapa pun bisa bergabung menjadi anggota Elang Nuswantara, asal mau menulis budaya dan alam Indonesia dengan sepenuh rasa, mau mendengar, melihat, merasakan. Peka dan peduli, itulah penulis sejati. Silakan berkenalan dengan akun Instagram @elangnuswantara.


Referensi

1. Press Release acara peluncuran 3 buku karya Komunitas Elang Nuswantara oleh Kirana Kejora melalui Miya’z Script Agency.

2. Dokumentasi foto oleh Komunitas Elang Nuswantara.

Posting Komentar

0 Komentar