Belajar Cara Membuat Artikel SEO Bersama Joeragan Artikel

 

Cara Membuat Artikel SEO


Content Writer dan Bidang Profesinya

Content writer atau penulis konten merupakan sebuah profesi sebagai penulis artikel, jurnal, berita, atau informasi di media sosial. Selain menulis konten sesuai pesanan dan relevan dengan platform yang akan diisi, ada beberapa hal yang harus dilakukan seorang content writer, antara lain:
  • Sebelum menulis, content writer juga perlu melakukan riset. Data atau informasi yang diperoleh harus akurat.
  • konten yang dibuat harus bersifat lengkap, jelas, dan informatif, bisa berupa, review, tutorial, atau ulasan, yang akhirnya bisa memberikan solusi pada pembaca.
  • Penulis konten juga perlu memahami cara membuat artikel SEO. Ia harus mencari kata kunci atau keywords dalam tulisannya yang berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization) agar tulisan mudah dicari melalui pencarian Google.
  • Penulis konten harus memahami konsep penulisan yang baik serta melakukan self-editing terhadap artikel yang ditulis.

Level Penulis Konten

Apa Saja Kendala Saat Membuat Artikel?

Bagi penulis konten seperti saya, tambahan wawasan untuk terus bisa meningkatkan kualitas artikel yang dibuat tentu dibutuhkan. Jika kita merasa artikel yang ditulis sudah memenuhi standar yang baik, hal ini tentu akan memberikan motivasi sekaligus rasa percaya diri untuk terus menulis. Betul kan?

Bagaimana kita bisa tahu kalau artikel yang kita buat sudah memenuhi standar? Nah, untuk soal ini, kita membutuhkan tolok ukur yang tepat. Tolok ukur atau patokan ini bisa didapat dari membaca banyak sumber bacaan, berlatih untuk terus memperbaiki tulisan kita, atau mengikuti kelas mengenai optimasi artikel.

Perhatikan beberapa kendala yang sering dialami penulis konten berikut ini.

  • Kehabisan ide atau kesulitan mendapatkan ide.
  • Tidak menguasai topik.
  • Kesulitan Mencari referensi.
  • Tidak memahami cara membuat artikel SEO.
Kira-kira, kalian sering mengalami kendala yang mana, nih?

Apa yang Dibutuhkan Penulis untuk Mengatasi Kendala-Kendala Kepenulisan?

Banyak hal yang perlu dipelajari untuk bisa membuat artikel sesuai standar, terutama di blog. Tulisan yang padat informasi, detail dan lengkap, apalagi ditambah dengan gaya bahasa yang ringan, akan lebih enak untuk dibaca. Artikel yang informatif semacam ini tentu harus didukung oleh data yang akurat.

Tips berikut ini bisa digunakan untuk mencari data yang akan mendukung konten artikel.

  1. Lakukan survei secara online dengan Google Form untuk disebarkan ke komunitas online. Data juga dapat diperoleh dari membaca buku atau jurnal.
  2. Lakukan analisa terhadap suatu topik atau hal (bisa dari pengalaman pribadi atau orang lain).
  3. Kutip data dari website lain dan jangan lupa untuk menyertakan sumber.
Tidak hanya sampai di situ, kita juga perlu mempertimbangkan apakah tulisan sudah ramah SEO dengan memperhatikan pemakaian keyword di beberapa bagian teks, optimasi gambar, mencantumkan permalink yang tepat, juga memperbaharui meta deskripsi. Duh, bisa-bisa enggak jadi nulis kalau memikirkan banyak hal yang masih perlu dioptimasi. Hehe ....

Nah, kebetulan, Joeragan Artikel sebagai komunitas yang selalu memfasilitasi para emak untuk berkarya dan berdaya dari rumah, bekerja sama dengan Sahabat Hosting, membuka kelas optimasi artikel yang berangkai dengan kelas optimasi blog, dan kelas ternak blog. Kelas ini dibuka secara daring melalui grup Whatsapp dan Zoom. Untuk kelas optimasi artikel dimulai pada tanggal 10 Agustus 2022 dengan pendampingan tutorial selama 5 hari.

Kelas Optimasi Artikel JA

Di kelas optimasi artikel, selain lebih mengenal profesi content writer, kami juga banyak mempelajari mengenai cara membuat artikel SEO. Bagaimana keseruan pembahasan materi ini? Yuk, baca artikel ini sampai selesai, ya.

Cara Membuat Artikel SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mendapatkan ranking di halaman pencarian Google. Sedangkan SEO Writing adalah proses menulis konten yang tujuannya untuk memperoleh peringkat di halaman pertama mesin pencari, seperti Google, dan bisa menaikkan traffic website.

Menulis dengan SEO itu penting karena menjadi teknik pemasaran yang terus berjalan untuk kehidupan situs website dan blog yang kita Kelola.

Ada 3 Faktor yang memengaruhi peringkat Google.

  • Keyword di URL
Masukkan keyword pada URL artikel maksimal 55 karakter. Keyword/kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subyek, abstrak atau teks, serta catatan isi.

Kata atau frasa ini dimanfaatkan sebagai istilah pencarian untuk menemukan susunan teks atau hal penting lainnya yang termuat dalam kata kunci tersebut.

Beberapa tools berikut ini bisa  digunakan untuk meriset keyword:
  1. Google trends
  2. Google search
  3. Ubber suggest
  4. Google search console
  5. Keywordtools.io
  6. Ahrefs
  7. MOZ

Riset Keywords

  • Judul artikel
Judul maksimal terdiri dari 60 sampai 75 karakter, dan mengandung satu keyword.
  • Meta deskripsi
Meta deskripsi berisi penjelasan singkat antara 130 hingga 150 karakter untuk mengundang pembaca mengklik artikel kita.

Secara umum, ada 2 jenis SEO, yaitu:

  • SEO on page
SEO ini bisa dilakukan di dalam artikel dengan cara mengoptimalkan keyword atau kata kunci.
  • SEO off page
Jenis SEO ini bisa dilakukan dengan cara penggunaan backlink atau mempromosikan profil blog kita di media sosial.

Backlink adalah sebutan untuk menamai sebuah tautan/link yang mengarah ke website kita. Backlink juga bisa dimanfaatkan sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna atau sekedar untuk keperluan optimasi agar website kita lebih populer di mata mesin pencari.

Berikut ini cara mengoptimasi tulisan agar ramah SEO.

  1. Riset keyword secara optimal.
  2. Optimasi tag judul.
  3. Optimasi keyword pada heading.
  4. Masukkan keyword yang relevan di URL artikel.
  5. Optimasi image/gambar.
  6. Optimasi meta deskripsi.
  7. Perhatikan penggunaan Internal link pada konten.
  8. Perhatikan penggunaan Eksternal link pada konten.
  9. Optimasi keyword pada konten.

Optimasi Gambar

Keseruan Pembelajaran di Kelas Optimasi Artikel

Membahas artikel yang dikaitkan dengan SEO lumayan seru. Selama ini, kalau saya bikin artikel, ya sekedar membuat tulisannya saja, tidak terlalu mempertimbangkan apakah artikel tersebut bisa terindex oleh Google.

Pada saat postingan artikel blog setiap peserta kulwap direview oleh pemateri yang asyik dan komunikatif, Mbak Malica Ahmad, rasanya kayak putus asa karena banyak banget yang perlu diperbaiki. Namun, di sisi lain, menyenangkan juga bisa belajar cara membuat artikel SEO. Muncul deh, harapan di kepala bahwa kelak kondisi blog saya akan lebih baik dengan berbagai optimasi di sana-sini.

Referensi

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Saya masih pe-er banget nih keyword searching ikutin kaidah SEO dengan benar. Apalagi nyari yang persaingannya sedikit tapi banyak yang nyari...Duh...Semangaaat...

    BalasHapus
  2. Kalau sudah diniatkan untuk memilih content writer jalur blog, sebisa mungkin memperhatikan printilan kayak gini ya, Mbak. Hasil yang didapat pasti ndak main-main. MasyaAllah

    Terima kasih sudah menuliskan insightnya, Mbak. Detail sekali

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung